admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Source code sistem pakar berbasis web dengan metode forward chaining

1 min read

Kemajuna teknologi digital sangat berkembang dengan pesat. Berbagai kemudahan mulai diciptakan untuk menunjang efektifitas pekerjaan manusia. Tentunya dalam membangun teknologi dibutuhkan pengetahuan yang ilmiah. Salah satunya contohnya adalah pengembangan aplikasi sistem pakai metode forward chaining dengan PHP untuk mendiagnosa kerusakan komputer.

Terdapat tiga dasar ilmu yang membangun aplikasi tersebut. Pertama adalah sistem pakar yang diartikan sebagai teknologi yang dibangun dengan sistem penalaran. Kedua adalah metode forward chaining yang merupakan pondasi yang digunakan untuk membangun aplikasi. Ketida adalah bahasa pemrograman PHP yang digunakan sebagai alat eksekusi program. Menguasai bahasa pemrograman PHP merupakan hal dasar jika ingin membangun aplikasi berbasis website.

Kelebihan Metode Forward Chaining untuk Aplikasi Sistem Pakar

Jika sistem pakar dianggap sebagai sistem perangkat lunak yang dirancang agar dapat mengadopsi dan memodelkannya dalam bentuk aplikasi. Dalam proses pemodelan tersebut yang salah satu yang dibutuhkan adalah jenis pendekatan yang digunakan. Salah satunya dengan forward chaining yang berdasarkan pada pencocokan fakta agar dapat memberikan kesimpulan dan hipotesis.

Contoh sederhana penggunaan sistem pakar dengan metode forward chaining adalah untuk membangun aplikasi pemerikasaan komputer. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk mengetahui kerusakan komputer.

Uniknya kita tidak perlu melakukan analisis secara detail. Namun aplikasi sistem pakar-lah yang akan bekerja untuk memperbaiki sistem. Aplikasi dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP yang dinilai lebih dinamis untuk aplikasi berbasis website.

Sistem Source Code Aplikasi Sistem Pakar

Studi untuk mendiagnosa kerusakan komputer memanfaatkan source code php dan mysql. Bahasa pemrograman PHP berfungsi sebagai media komunikasi programming sehingga dapat memahami dan mengeksekusi perintah. Tentunya penulisan perintah ditulis dengan sintaks yang kompleks.

Kolaborasi dengan database mysql berfungsi sebagai basis data untuk penyimpanan dan pengeloaan data. Misalnya menyimpan memori mengenai tools komputer yang mengalami kerusakan. Install source code php dan mysql dapat dijalankan dengan menggunakan browser.

Fitur Pada Aplikasi Sistem Pakar

Aplikasi sistem pakar dilengkapi dengan fitur yang menarik, diantaranya adalah:

  1. Login
  2. Diagnosa
  3. Gejala
  4. Pengetahuan
  5. Konsultasi
  6. Password

Fitur tersebut dibangun dengan fungsi tertentu dan dilengkapi dengan source code aplikasi yang efisien dan tentunya menghemat penyimpanan dan proses loading lebih cepat.

  1. Login merupakan fitur yang dibangun dengan memanfaatkan database mysql yaitu dengan cara menyimpan user yang dapat mengakses aplikasi. Jika akun user yang digunakan tidak terdapat dalam database maka anda tidak dapat login.
  2. Fitur Gejala dibangun dengan dasar pemrograman CRUD (Clear, Read, Update, Delete) yang memanfaatkan source code PHP.
  3. Pengetahuan merupakan fitur yang dibangun dengan menggunakan algoritma sistem pakar forward chaining.
  4. Konsultasi adalah fitur yang memungkinkan untuk mengakumulasikan gejala yang terjadi pada komputer,
  5. Password merupakan fitur keamanan untuk melindungi pengguna yang login.

Spesifikasi Perangkat Lunak Sistem Pakar

Aplikasi sistem pakar forward chaining dengan PHP memiliki spesifikasi perangkat lunak diantaranya:

  1. XAMPP for Mysql Database
  2. PHP Language

Baca Juga :   Sistem Informasi Keuangan Saham Berbasis Website

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange