admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Sistem Monitoring Daya Listrik Berbasis IOT

1 min read

Daya listrik pada sebuah bangunan ternyata dapat kita monitoring dengan menggunakan teknologi Internet Of Thing (IOT). Sistem monitoring daya listrik berbasis IOT dapat membantu pemilik bangunan untuk mengawasi besaran daya yang digunakan. Kegiatan monitoring pun juga dapat dilakukan dengan mudah yaitu melalui website.

Alamat website tersebut dapat diakses dengan menggunakan smartphone ataupun komputer. Sedangkan untuk mengetahui monitoring daya digunakan sensor arus dan mikrokontroler arduino. Agar data sensor arus dapat diinput pada cloud alias internet. Maka peran dari modul ESP8622 dibutuhkan sebagai akses internet dengan alamat IP tertentu.

Kelebihan Sistem Monitoring Daya Listrik berbasis IOT

Sistem monitoring dibangun dengan rancangan yang sederhana. Berikut ini kelebihan yang didapatkan jika menggunakan monitoring daya listrik.

  1. Efisiensi penggunaan daya listrik untuk mencegah dari penggunaan listrik yang berlebihan.
  2. Cocok digunakan untuk memonitoring besaran daya pada bangunan yang disewakan seperti kos ataupun jenis lainnya.
  3. Dapat diakses dimananpun dan kapanpun selama terdapat akses internet.

Source Code Pada Sistem Monitoring Daya Listrik

Baca Juga :   Sistem Aplikasi Bimbel Online

Source code pada sistem monitoring daya listrik dibangun dengan dua perangkat. Perangkat keras yang berfungsi untuk mendapatkan data besaran daya sekaligus receiver data pada cloud atau internet. Kedua adalah perangkat lunak yang dibangun berbasis website untuk menampilkan hasil monitoring.

Untuk membuat source code perangkat keras dibutuhkan softrware arduino IDE untuk membuat konfisgurasi pada sensor arus dan modul ESP8622. Source code arduino berfungsi untuk mengaktifkan dan memberikan daya pada dua kompoenen tersebut.

Sedangkan untuk source code perangkat lunak dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman php dan database mysql. Kolaborasi keduanya cocok digunakan untuk menghasilkan website yang dinamis dan interaktif. Source code mysql memiliki peran penting untuk menyimpan dan mengelola data hasil monitoring.

Fitur Pada Aplikasi Monitoring Daya Listrik

Aplikasi juga dilengkapi dengan fitur yang sederhana dan mudah untuk dipahami. Berikut ini fitur yang terdapat pada aplikasi berbasis website.

  1. Data Daya Listrik

Fitur utama yang menampilkan besaran daya listrik yang telah digunakan. Tampilan akan dibuat secara rela time dengan interval waktu perhari, perbulan, dan pertahun. Semua daya akan tersimpan dalam database mysql.

  • Grafik
Baca Juga :   Aplikasi Untuk Sistem Pembayaran

Fitur grafik ditambahkan untuk mengamati kenaikan penggunaan listrik selama beberapa waktu. Grafik yang ditampilkan adalah berupa besaran listrik terhadap waktu dalam interval satu bulan.

  • Estimasi Pembayaran

Fitur yang digunakan untuk membuat estimasi pembayaran listrik. Dengan adanya fitur ini anda dapat mempersiapkan pengeluaran untuk kebutuhan listrik dirumah anda.

Spesifikasi Aplikasi Monitoring Daya Listrik

Jika anda ingin membangun sistem monitoring daya listrik berbasis IOT maka perlu untuk menguasai bahasa pemrogaman C pada arduino IDE.

Terima jasa pembuatan website dan aplikasi dengan harga terjangkau wa ke kami 082300007704 ( menerima jasa pembuatan skripsi juga )

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *