admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Sistem Informasi Kependudukan Berbasis Website

1 min read

Sistem pemerintah yang efektif dan efisien sangat dibutuhkan untuk membantu penyebaran informasi yang baik dan benar. Salah satunya dengan membangun sistem informasi kependudukan berbasis website. Tujuannya adalah untuk memberikan akses informasi dan layanan yang diperlukan dari lembaga pemerintah,

Aplikasi dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman php dan didukung dengan metode pembuatan berbasis SSAD (Structured Systems Analysis and Design) dan juga metode pembuatan dengan menggunakan Data Flow Diagram (DFD). Aplikasi dirancang agar dapat memberikan layanan pemerintahan yang efektif, efisien, dan berguna untuk menunjang pelayanan jarak jauh.

Cara Kerja Sistem Informasi Kependudukan Berbasis Web

Aplikasi dijalankan dengan menggunakan akses internet pada website. Anda dapat membuka situs website baik menggunakan komputer ataupun smartphone anda. Terdapat beberapa pelayanan yang terbuka untuk masyarakat. Pertama yaitu layanan dari pemerintah untuk masyarakat, contohnya seperti pengurusan e-ktp yang bermasalah. Kedua yaitu layanan dari pemerintah untuk pelakua usaha, pada layanan ini memungkinkan pengusaha untuk mendapatkan izin usaha dan pelelangan barang. Ketiga adalah layanan dari pemerintah untuk pemerintah, yang memungkinkan untuk proses pertukaran informasi antar pemerintah. Terakhir adalah layana dari pemerintah kepada aparat pemerintah. Dengan adanya layanan berbasis e-government diharapkan kegiatan menjadi lebih efisien.

Source Code Aplikasi Web Pada Sistem Informasi Kependudukan

Pembuatan website dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman php yang didukung dengam software Intellaj. Pembuatan website dirancang dengan metode yang dapat memberikan algoritma yang sederhana bagi para pengguna. Source code php dibuat dengan sistem yang open source, shingga download source code php dapat diakses untuk kebutuhan pembuatan website serupa bagi siapapun.

Selain itu source code database mysql juga ditambahkan untuk kebutuhan proses pengelolaan dan penyimpanan data. Anda dapat download source code mysql untuk memberikan tampilan website yang dinamis dan interaktif.

Fitur Pada Sistem Informasi Kependudukan

  1. Halaman Utama

Fitur yang menampilkan dashboard dengan beberapa kategori menu yang tersedia. Masing-masing menu akan mengantarkan pengguna pada halaman terkait. Selain itu pada halaman utama juga akan muncul informasi dan event terbaru dari pemerintah.

  • Layanan

Fitur yang menampilkan kegiatan pelayanan, kegiatan pelayanan yang diberikan meliputi pembuatan dan pengurusan e-ktp, pembuatan surat izin usaha, ataupun surat lain yang berkaitan dengan instansi pemerintah.

  • Informasi

Fitur yang menampilkan seputar informasi terbaru dan informasi mengenai prosedur penggunaan layanan. Pada bagian informasi juga disertakan form yang diperlukan untuk mengurus surat. Seerti form untuk pengurusan e-ktp, surat izin usaha, dan kebutuhan form lainnnya.

Spesifikasi Perangkat Lunak

Sistem informasi kependudukan berbasis website dirancang dengan menggunakan software Intellaj untuk source code php dan XAMPP untuk membuat source code mysql.

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange