admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Sistem Informasi Jadwal Perkuliahan Dengan Jquery

1 min read

Sistem informasi jadwal perkuliahan dengan jquery merupakan aplikasi yang digunakan untuk menginformasikan jadwal ataupun perubahan matakuliah yang melibatkan dosen dan mahasiswa. Jquery digunakan sebagai java script library yang dapat menghasilkan website dengan tampilan yang interaktif. Biasanya diaplikasikan untuk kebutuhan browser desktop.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini ataupun mengembangkan aplikasi sistem perkuliahan untuk kebutuhan Anda. Source code aplikasi dapat diunduh disitus internet, ada banyak halaman yang menyediakan source code aplikasi ini. Kali ini kami akan membagikan informasi seputar aplikasi mobile satu ini.

Kelebihan Sistem Informasi Jadwal Perkuliahan Dengan Jquery

Aplikasi bersifat mobile sehingga lebih mudah untuk digunakan. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan jadwal perkuliahan dan perubahan jadwal perkuliahan diterima dengan baik informasinya oleh mahasiswa. Juga memungkin dosen mengganti jadwal perkuliahan lain agar tidak bentrok dengan jadwal mahasiswa yang lainnya.

Cara Kerja Sistem Informasi Jadwal Perkuliahan Dengan Jquery

Sistem ini dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP yang berbasis Jquery Mobile. Source code PHP memiliki kelebihan karena dapat dijalankan pada server, bukan hanya untuk kebutuhan website. Source code PHP dikolaborasikan dengan basis data popular yaitu mysql.

Database mysql akan berfungsi untuk mengelola dan menyimpan data perkuliahan dari mahasiswa dan dosen. Souce code php dan myslq dapat diakses secara open source, Anda dapat menggunakan database mysql untuk sistem informasi jadwal perkuliahan jika ingin mengembangkan aplikasi serupa. Sedangkan penggunaan Jquery dipilih karena mampu memberikan tampilan mobile yang interaktif dan kemudahan mengakses aplikasi.

Fitur Pada Sistem Informasi

Sebelum memutuskan untuk merancang aplikasi serupa, terlebih dahulu persiapkan fitur yang ingin digunakan untuk aplikasi tersebut. Seperti penggunaan fitur dibawah aplikasi sistem informasi jadwal perkuliahan.

  • Login
  • Kelas
  • Jadwal
  • Room Chat

Lima fitur diatas cukup untuk membuat aplikasi sistem informasi. Namun jika memiliki ide dan tambahan fitur lain, tentunya akan lebih baik.

  1. Login

Fitur yang mengharuskan mahasiswa atau dosen memasukan id diri sebelum dapat mengakses halaman aplikasi.

  • Kelas

Fitur yang menampilkan anggota dari kelas yang diikuti. Pada fitur ini dilengkapi dengan ide untuk masing-masing mahasiswa yang mengikuti perkuliahan.

  • Jadwal

Fitur yang menampilkan jadwal perkuliahan yang telah ditetapkan oleh sistem portal perkuliahan dan juga jadwal perkuliahan yang telah diganti oleh dosen. Sehingga mahasiswa dapat mengetahui perubahan jadwal jauh hari.

  • Room chat

Fitur yang memungkinkan komunikasi untuk mendiskusikan jadwal kelas bersama dengan partisipan yang berkaitan, termasuk dengan dosen. Dalam fitur ini tersedia proses voting agar dapat memilih jadwal kuliah bersama-sama.

Spesifikasi

Sistem Informasi Jadwal Perkuliahan Dengan Jquery dikembangkan dengan menggunakan IDE Netbeans yang mendukung bahasa pemrograman PHP. IDE sql yang digunakan adalah Microsoft SQL Management Studio Versi 8.

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange