admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Sistem Informasi Donor Darah

1 min read

Kebutuhan darah saat ini di PMI selalu penuh, beberapa wilayah terkadang sulit untuk mendapatkan donor darah disaat mendesak. Kali ini kita akan mengulik aplikasi yang dibuat untuk membantu koordinadi donor darah, yaitu sistem informasi donor darah. Aplikasi ini membantu orang yang membutuhkan donor dengan cepat melalui layanan komunitas donor darah. Pengguna cukup input lokasi yang membutuhkan donor darah, kemudian menunggu respon dari komunitas donor darah yang berada dilokasi terdekat dengan Anda. Aplikasi ini dilengkapi dengan mysql untuk GIS sehingga dapat membantu untuk menentukan lokasi.

Kelebihan Sistem Informasi Donor Darah

Aplikasi sangat berguna untuk keperluan mendesak, terutama jika ada yang sangat membutuhkan darahdala waktu yang cepat. Karena darah dari PMI tentunya tidak dapat ditebak ketersediaannya. Dengan adanya aplikasi ini dapat membantu untuk mencari pendonor yang bersedia dan terbiasa melakukan donor darah.

Cara Kerja Sistem Informasi Donor Darah

Aplikasi ini dikembangkan dnegan menggunakan HTML sehingga memungkin untuk membuat dokumen dari aplikasi dapat dibaca dari browser untuk berbagai jenis platform komputer. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP. Untuk mengembangkan aplikasi ini digunakan source code php untuk membantu konektivitas antara database dengan browser karena tidak dapat jika hanya dilakukan oleh HTML.  Source code aplikasi komuitas donor darah dapat diperoleh melalui laman internet atau jika ingin menggunakannya maka dapat download dource code aplikasi untuk dapat langsung digunakan.

Fitur Pada Aplikasi Komunitas Donor Darah

Berikut ini adalah fungsi dan cara kerja untuk masing-masing fitur.

  1. Menu Halaman Utama

Fitu yang menampilakan halaman utama dari aplikasi web dan android, pada halaman ini pengguna akan diminta untuk login terlebih dahulu sebelum membuka aplikasi. Pengguna dapat mengakses aplikasi jika sudah login terlebih dahulu.

  • Menu Event

Fitur yang menampilkan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan donor darah. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi seputar event yang akan dibuka dalam waktu dekat. Anda dapat berpatisipasi dalam event tersebut dan ikut mendonorkan darah.

  • Menu Permintaan Dara

Fitur utama yang digunakan untuk memeriksa ketersedian darah yang ada di PMI terdekat. Fitur ini juga dilengkapi dengan source code mysql GIS untuk melacak lokasi dari orang yang membutuhkan. Fitur otomatis menampilkan stok darah dari PMI dengan lokasi terdekat, jika stok darah tidak tersedia maka pengguna akan dibawa pada ruang komunitas. Disini pengguna dapat meminta bantuan dari relawan donor darah terdekat untuk membantu mendonorkan darah.

Spesifikasi Perangkat Lunak

Berniat untuk membuat Sistem Informasi Donor Darah, maka anda butuh perangkat dengan spesifikasi sebagai berikut.

  1. XAMPP
  2. Java Version 1.0

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange