admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Sistem Absensi Berbasis QRCode Website

1 min read

Kecurangan dalam proses pengambilan absensi tentu bukan hal yang baru lagi. Bahkan istilah titip abses sudah sering kita dengar. Untuk menghindari kecurangan tersebut kita dapat membuat sistem absensi berbasis QRCode Website pengambilan absesnsi secara konvensional. Disamping itu proses pengambilan absesnsi juga dapat dilak. Aplikasi ini dinilai lebih efektif daripada ukan secara mandiri.

Proses pembuatan aplikasi untuk website dibuat dengan menggunkan bahasa pemrograman PHP. Sedangkan untuk mesin pembaca QRCode dibuat dengan sistem arduino. Keduanya saling terkoneksi untuk memberikan informasi absensi. Bagi anda yang tertarik mengembangkan sistem absensi serupa dapat membaca informasi berikut.

Cara Kerja Sistem Absensi Berbasis QRCode Website

Aplikasi dioperasikan dengan menggunakan sistem pembacaan QRCode. Pertama sistem portal akan memberikan masing-masing mahasiswa/siswa barcode. Barcode tersebut akan terkoneksi dan telah terdaftar pada perangkat QRCode Reader. Sehingga untuk pengambilan absensi mahasiswa wajib untuk mendeteksikan QRCode masing-masing pada perangkat keras tersebut. Hal ini dapat mengurangi kecurangan dalam absensi.

Source Code Aplikasi Website Absensi Berbasis QRCode

Aplikasi dirancang dengan menggunkana source code arduino dan php. Maasing-masing source code memiliki peran dan fungsi yang berbeda. Source code arduino digunakan untuk merancang sistem pada perangkat keras untuk membaca QRCode. Sedangkan source code php dirancang untuk membuat halaman website portal untuk mengetahui informasi absensi.

Source code website yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman juga ditambahkan dengan fitur database. Source code database yang digunakan adalah mysql. Untuk dapat membuat source code mysql maka anda terlebih dahulu harus install XAMPP.

Fitur Pada Aplikasi Webite Absensi Berbasis QRCode

Aplikasi dilengkapi dengan fitur perangkat keras dan perangkat lunak. Berikut ini fitur yang terdapat pada aplikasi QRCode.

  1. Perangkat Keras

Fitur perangkat keras diantaranya adalah mesin yang dirancang untuk membaca QRCode yang terdapat pada smartphone. Perangkat keras dibuat dengan menggunakan source code arduino yang didalamnya telah disertakan QRCode reader. Perangkat keras juga dirancang dengan sistem yang terkoneksi dengan perangkat lunak. Sehingga saat QRCode terbaca, maka sistem akan otomatis mengirimkan informasi pada perangkat lunak.

  • Perangkat Lunak

Perangkat lunak dibutuhkan untuk membuat aplikasi otomatis jika QRCode terbaca maka absensi akan otomatis terisi. Form absensi dibuat dengan menggunakan source code internet of thing sehingga akan terkoneksi pada halaman portal guru/pengajar.

  • QRCode

Fitur yang digunakan sebagai identitas untuk absensi. QRCode dapat diperoleh pada smartphone anda. Pembuatan QRCode akan dirancang oleh sistem dan dikirimkan kepada mahasiswa. QRCode tersebut akan menjadi identitas kehadiran dari mahasiswa.

Spesifikasi Perangkat Lunak

Sistem absensi berbasis QRCode website dirancang dengan menggunkan spesifikasi perangkat lunak berikut.

  1. Bahasa Pemrograman PHP
  2. Arduino
  3. Database mysql

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange