admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Robot Tank Deteksi Dinding

1 min read

Robot merupakan teknologi canggih yang dapat dirancang dengan input perintah tertentu. Pengembangan robot diera industri 4.0 sangat perkembang dengan pesat. Bahkan teknologi robot dirancang dengan algoritma agar dapat logis layaknya manusia. Hal tersebut dikenal dengan teknologi AI (Artificial Intelegency). Salah satu robot sederhana yang dapat menjadi project untuk anda belajar mengenai AI adalah robot tank deteksi dinding.

Robot ini dirancang dengan algoritma agar tidak menabrak dinding dan dapat menemukan jalan pada labirin. Source code fuzzy logic menjadi encoding yang digunakan untuk dasar mengembangkan robot tersebut.

Cara Kerja Robot Tank Dinding

Cara kerja robot ini adalah pada algoritma fuzzy logic yang digunakan. Disamping penggunaan algoritma juga didukung dengan komponen robot untuk mendeteksi keberadaan dinding. Sedangkan pergerakan robot dapat dijalankan dengan menggunakan roda atau jenis penggerak lainnya.

Sistem Source Code Pada Robot Tank Dinding

Sistem source code untuk membangun sebuah robot dengan kemampuan kecerdasan buatan atau AI bukanlah hal yang mudah. Source code arduino digunakan sebagai dasar menjalankan robot tersebut. Arduino ibarat otak yang memuat informasi untuk memerintahkan robot menjalankan suatu misi.

Baca Juga :   Source Code Aplikasi Penjadwalan Laboratorium Pada SMK

Selain arduino juga terdapat jenis mikrokontroler lain seperti STM32, raspberry pi, dan lainnya. Namun untuk project sederhana anda dapat menggunakan mikrokontroler arduino karena lebih mudah untuk diprogram.

Source code arduino dibuat dengan menggunakan software arduino IDE yang mendukung bahasa pemrograman C++. Sedangkang sistem perangkat keras yang digunakan untuk mendeteksi dinding adalah sensor ultrasonik. Untuk membuat source code ultrasonik anda dapat mengunduh file library ultrasonic.

Fitur Pada Robot Tank Dinding

Pada dasarnya robot akan dijalankan secara otomatis. Namun untuk mencegah error dan membantu memaksimalkan kinerja robot. Maka ditambahkan fitur manual pada robot berupa tombol dengan perintah sebagai berikut.

  1. Power

Tombol yang memberikan perintah agar robot mematikan dayanya. Pada kondisi ini robot tidak mungkin dapat digunakan. Untuk dapat menggunakan kembali maka anda harus menaktifkan tombol power.

  • Reset

Tombol reset berfungsi sebagai refresh program pada robot jika terjadi error atau kesalahan pada saat robot dijalankan. Tombol reset akan membuat robot mengulang program kembali pada kondisi awal.

  • Charger
Baca Juga :   Aplikasi Reminder Maintenance Berbasis Web

Tombol yang diaktifkan ketika energi dari robot tersebut melemah. Ini digunakan agar proses pengisian daya baterai dapat dilakukan secara maksimal.

  • Map

Tombol yang digunakan untuk mengaktifkan metode telusur labirin pada robot. Tombol ini memuat informasi berupa algoritma fuzzy logic untuk memecahkan misa keluar dari labirin.

Spesifikasi Robot Tank Dinding

Jika anda tertarik untuk membuat robot tank deteksi dinding, maka anda membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak sebagai berikut.

  1. Komputer dengan Arduino IDE
  2. Windows 7
  3. Arduino ATmega
  4. Sensor Ultrasonic

Terima jasa pembuatan website dan aplikasi dengan harga terjangkau wa ke kami 082300007704 ( menerima jasa pembuatan skripsi juga )

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *