admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Rancang Bangun Alat Deteksi CO2 Berbasis IOT

1 min read

Seiring dengan meningkatnya produktivitas industri dan mobilitas dengan transportasi. Membuat alam mulai berubah, salah satunya adalah kondisi udara saat ini. Tingginya mobilitas dan produktivitas industri berdampak pada meningkatnya kadar karbondioksida diudara.

Kondisi ini tentu cukup berbahaya bagi lingkunga, karena dapat menyebabkan polusi udara. Selain itu pada kondisi yang buruk juga akan berdampak pada kondisi kesehatan manusia. Untuk itu diperlukan alat untuk mendeteksi kadar CO2 di udara. Rancang bangun alat deteksi CO2 berbasis IOT dapat menjadi pilihan yang tepat. Untuk mengenal source code Internet Of Thing (IOT), berikut penjelasannya.

Cara Kerja Alat Deteksi CO2 Berbasis IOT

Sistem bekerja dengan cara yang sederhana. Pertama terdapat sensor MQ-2 yang digunakan untuk mendeteksi kadar CO2. Sensot MQ-2 merupakan alat elektronika pasif sehingga untuk dapat bekerja dibutuhkan energi dari komponen lain. Sebagai komponen aktif digunakan mikrokontroler arduino. Selain sensor, mikrokontroler arduino juga dilengkapi dengan komponen ESP8622 untuk mengirimkan hasil monitoring data pada aplikasi berbasis internet. Proses monitoring dapat dilakukan melalui smartphone ataupun website.

Baca Juga :   Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ginjal Menggunakan Metode Dempster Shafer | PHP & MySQL

Sistem Perangkat Lunak Alat Deteksi CO2 Berbasis IOT

Sistem perangkat lunak yang dibutuhkan diantaranya adalah untuk programming pada arduino. Pembuatan source code arduino dapat dilakukan dengan menggunakan software arduino IDE. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk memprogram arduino adalah bahasa C sederhana. Terdapat dua subprogram yaitu void loop dan void setup. Void setup merupakan subprogram untuk memberi perintah hanya satu kali tanpa adanya pengulangan. Sedangkan void loop adalah subprogram untuk membuat baris program yang akan dilakukan berulang kali. Diantaranya adalah pengambilan data kadar CO2 secara real time. Proses konfigurasi untuk mengaktifkan komponen elektronika tersebut cukup mudah. Anda dapat download library Internet Of thing dan juga library untuk sensor MQ-2.

Fitur Pada Aplikasi IOT Alat Deteksi CO2

Untuk memantau data CO2 dapat dilihat melalui website atau smartphone. Berikut ini fitur pada perangkat tersebut.

  1. Grafik

Fitur grafik digunakan untuk mengambil kesimpulan mengenai kenaikan atau penurunan kadar CO2 dalam waktu tertentu.

  • Data Real Time

Fitur yang menampilkan kadar CO2 dalam kondisi real time. Anda dapat mengakses hasil monitoring melalui smartphone ataupun website.

  • History
Baca Juga :   Sistem Informasi Perpustakaan Sederhana Berbasis Web

Fitur histori ditambahkan agar pengguna dapat mengetahui kadar CO2 pada waktu sebelumnya. History akan terhubung dengan database mysql yang berfungsi sebagai pusat basis data untuk pengelolaan dan penyimpanan data.

  • Pengaturan

Fitur tambahan yang digunakan untuk merubah pengaturan umum, seperti jenis tampilan ataupun informasi mengenai aplikasi tersebut.

Spesifikasi Alat Deteksi CO2

Bagi anda yang tertarik untuk membuat rancang bangun alat deteksi CO2 berbasis IOT dibutuhkan perangkat keras utama yaitu sensor MQ-2, arduino Uno atau sejenisnya, dan juga modul ESP8622 untuk WiFi.

Terima jasa pembuatan website dan aplikasi dengan harga terjangkau wa ke kami 082300007704 ( menerima jasa pembuatan skripsi juga )

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *