admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Media Pembelajaran Berbasis Mobile

1 min read

Diera inidibutuhkan berbagai inovasi teknologi yang dapat menunjang kegiatan dalam jarak yang jauh. Tentunya hal tersebut didukung dengan keberadaan ases internet yang juga sangat berkembang saat ini. Kali ini kita akan membongkar sistem perangkat lunak pada media pembelajaran berbeasis mobile.

Aplikasi ini dikembangkan untuk menjadi aplikasi yang bersifat native, artinya dapat dijalankan pada web yang terdapat pada mobile smartphone. Sedangkan source code aplikasi yang dibutuhkan melibatkan penggunaan HTML, CSS, dan javascript. Source code terebut lebih sering ditemukan untuk membuat website dalam browser PC, namun disini kita dapat merubahnya menjadi broser yang dijalankan pada smartphone melalui native.

Manfaat bagi siswa dan guru

  1. Memberikan kemudahan belajar secara daring, sehingga memungkinkan terjadinya pembelajaran dalam jarak yang jauh. Hal ini sangat dibutuhkan, terutama disaat-saat pandemic seperti ini.
  2. Siswa dapat mengakses melalui perangkat yang sederhana, karena dapat diakses melalui browser sehingga tidak perlu pengunduhan.
  3. Aplikasi sederhana untuk belajar bahasa pemrograman javascript, css, dan juga HTML.

Sistem perangkat lunak pada media pembelajaran

  1. HTML

Bahasa pemrograman yang popular untuk pembuatan web, dipastikan penggunaan source code HTML sangat membantu untuk sistem pengelolaan web yang professional.

  • Javascript

Anda yang senang membuat koding aplikasi mungkin sudah sering mendengar framework satu ini. Javascript digunakan sebagai tools untuk membuat aplikasi lebih kompatibel dengan perangkat selular. Source code javascript dapat dibuat dengan menggunakan software netbeans atau sejenisnya.

  • CSS

Source code CSS dalam website berperan untuk membuat desain website yang dapat dinikmati oleh pengguna. Kebutuhan seperti template yang bersifat user interface (UI) dikelola dengan source code dari CSS.

Fitur pada media pembelajaran

  • Login
  • Bahan Ajar
  • Ruang Kelas

Berikut adalah penjelasan dan fungsi untuk masing-masing fitur pada website media pembelajaran yang wajib dibuat.

  1. Login

Ada dua karakter login yang akan dikenali oleh sistem karena memiliki hak yang berbeda dalam mengakses website tersebut. Pertama login sebagai pengajar yang tentunya diberikan hak untuk mengelola website lebih luas dalam urusan pembelajaran. Kedua, login sebagai pelajar yang haknya dibatasi untuk dapat merubah pengaturan pada website.

  • Bahan Ajar

Fitur bahan ajar akan tampil pertamakali pada halaman setelah melakukan login, anda akan diantar pada bahan ajar yang berebda setiap waktu tergantung dengan jadwal mata pelajaran saat itu. Hal ini diatur oleh sistem database maribDB.

  • Ruang Kelas

Layaknya sekolah, tentu fitur ruang kelas sangat diperlukan. Fitur ruang kelas mirip dengan ruang chat yang memungkinkan siswa terlibat aktif untuk bertanya terkait dengan materi yang dipelajari

Spesifikasi

Media pembelajaran berbasis online setidaknya membutuhkan perangkat lunak seperti bahasa pemrograman HTML5, CSS, javascript serta didukung dengan database mariaDB.

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange