Cara Mengatasi Website Lambat Agar Lebih Mudah Diakses

1 min read

Cara Mengatasi Website Lambat Agar Lebih Mudah Diakses. Saat ini informasi apapun dapat diperoleh melalui internet. Banyak website-website penyedia informasi penting yang diperlukan masyarakat. Meskipun begitu, tidak semuawebsite tersebut memberikan performa terbaik. Masih banyak yang terkadang melambat ketika dibuka. Dari sisi pencari informasi ini mungkin tidak masalah, tinggal cari website yang lain.

Namun, beda cerita untuk pemilik website, pastinya cukup dirugikan. Makin sedikit pengunjung website karena terlalu sulit diakses akan menurunkan peringkat Search Engine Result Page (SERP) dan berdampak pada sulitnya masuk halaman pertama mesin pencari. Tapi tenang, ada beberapa cara mengatasi website lambat supaya lebih mudah diakses. Berikut uraian selengkapnya

Hapus Plugin Yang Sekiranya Tidak Dibutuhkan

Kehadiran plugin memang faktanya membuat tampilan website menjadi lebih menarik. Namun, bukan pilihan bagus jika terlalu banyak memasang plugin. Sebab, plugin yang berlebihan ini justru bisa membuat website loading lebih lama.

Maka, untuk mengatasi website lambat ada baiknya Anda hapus plugin yang sekiranya tidak dibutuhkan. Pilih saja plugin yang tidak banyak meminta request, tidak memuat banyak script, atau plugin penghasil extra query pada databasenya.

Baca Juga :   Download Source Code Sistem Informasi Pengolah Data Siswa Berbasis PHP

Melakukan Optimasi Gambar

Tidak bisa dipungkiri jika tampilan website bisa jauh lebih sempurna dengan penambahan gambar. Namun, pengguna juga harus paham, jika gambar yang diunggah tidak boleh sembarangan. Terutama yang ukurannya terlalu besar, akan berpotensi membuat website berjalan makin lambat.

Optimasi gambar bisa jadi salah satu langkah untuk mengatasi website lambat yang cukup ampuh. Paling aman unggah gambar dengan ukuran di bawah 1MB saja. Jika memungkinkan, silakan gunakan beberapa tools untuk mengompres gambar supaya lebih kecil ukurannya. Anda bisa juga tools seperti Smush, Imagfy, dan lain sebagainya.

Mengaktifkan Caching

Ketika website punya masalah loading lambat, Anda boleh langsung aktifkan Caching. Caching atau lebih familiar disebut Cache ini adalah proses penyimpanan data sementara dari website. Tujuannya tidak lain adalah supaya website bisa berjalan lebih cepat.

Salah satu cara mengatasi website lambat ini cukup ampuh dan banyak yang sudah mencobanya. Cara kerjanya adalah proses caching akan secara otomatis mengurangi beban kerja server. Sehingga pengunjung akan lebih mudah mengakses website karena tidak membutuhkan waktu lama untuk loading. Anda bisa mulai mengaktifkan caching ini dengan menggunakan plugin gratis seperti WordPress, WP Roker, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Sistem Informasi Aplikasi Perpustakaan Berbasis Jquery & Codeigniter

Mengurangi Redirect

Banyak pengelola website yang masih terlalu banyak menggunakan redirect. Padahal hal ini justru berpotensi membuat website berkerja lebih lambat. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Sebab, setiap proses redirect ini bisa memperpanjang waktu HTTP request dan response.

Oleh sebab itu, cara mengatasi website lambat yang bisa dicoba adalah kurangi saja redirect. Proses redirect ini banyak dilakukan pembuat website ketika membangun internal link. Begitu juga saat membuat menu, jangan banyak sisipkan redirect supaya tidak terlalu lambat loading-nya nanti.

mengatasi website lambat

Sumber : idcloudhost

Menggunakan Hosting Yang Cepat

Anda mungkin sudah mencoba cara-cara di atas, namun tidak kunjung membuahkan hasil. Jika begitu, bisa jadi hosting Anda yang bermasalah. Anda bisa coba cari hosting lain yang lebih terpercaya. Setelah benar-benar menemukannya, Anda bisa langsung memindahkan semua file pada website di hosting baru yang Anda anggap lebih terpercaya tersebut.

Itu dia tadi beberapa cara mengatasi website lambat. Saat ini website memang cukup berperan penting. Anda pemilik website jangan sampai mengabaikan masalah yang terjadi. Termasuk ketika loading website mulai melambat, Anda harus langsung mengatasinya. Gunakan salah satu cara di atas supaya lebih mudah.

Baca Juga :   Ketahui Lebih Jauh Langkah Cara Amankan Wordpress Yang Tepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *