Begini Cara Mengatasi Allowed Memory Dengan Mudah

1 min read

Begini Cara Mengatasi Allowed Memory Dengan Mudah – Seringkali sebuah server tidak bisa mengunggha sebuah file atau gambar dengam muncul sebuah pemberitahuan atau notifikasi Fatal Error: Allowed memory size of 33554432 bytes exhausted. Pernahkah Anda mengalami hal demikian?

Kesalahan atau keadaan eror allowed memory size of bytes exhausted tersebut mungkin saja terjadi diakibatkan oleh file yang diupload memiliki ukuran besar yang melebihi batas memori PHP yang sebelumnya telah diatur. Sehingga kemudian proses upload akan gagal dan muncul pemberitahuan fatal eror tersebut. Limit dari memori PHP ini memang harus diatur sebagai pencegahan adanyanya script buruk yang kemudian dapat menghabiskan semua memori yang ada dalam suatu server.

Tenang saja, hal ini masih bisa diatasi dengan mudah. Lalu bagaimana cara mengatasi allowed memory ini? Melalui artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara mengatasinya yang bisa Anda coba jika sewaktu-waktu Anda mengalaminya. Simak beberapa cara di bawah ini dengan baik.

Edit File php.ni.

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi error allowed memory size of bytes exhausted ini adalah dengan mengedit file php.ini.  Anda perlu menemukan lokasi dari file tersebut yang bisa saja terdapat di lokasi yang berbeda-beda. Lokasinya dapat dicari berdasarkan cara menginstal dan system operasi apa yang Anda gunakan. Biasanya file php.ini dapat Anda temukan pada lokasi berikut yaitu /etc/php.ini, /etc/php5/apache2/php.ini, /usr/local/lib/php.ini, /etc/local/lib/php.ini, dan khusus untuk XAMPP Windows dapat ditemukan di C:\xampp\php\php.ini

Baca Juga :   Sistem Informasi Perpustakaan dengan PHP

Jika file php.ini telah berhasil Anda temukan maka Anda bisa tambahkan sebuah perintah. Karena  allowed memory size of bytes ini terjadi disebabkan oleh tidak cukupnya memori maka untuk mengatasi allowed memory ini Anda bisa tambahkan sebuah perintah untuk menambahkan limit memori dengan perintah memory_limit = 128M.

Edit File .htaccess

Jika cara mengatasi allowed memory dengan cara edit file php.ini seperti cara di atas belum berhasil, maka Anda dapat mencoba cara lain dengan edit file .htaccess. Namun cara ini merupakan cara yang dapat digunakan khusus bagi Anda yang merupakan pengguna shared hosting. Cara mengedit file ini pun cukup mudah dan sederhana, Anda hanya perlu login ke cPanel kemudian pili File Manager pilih menu home dan kemudian pilih public_html , disana Anda akan menemukan file .htaccess.

Jika file telah ditemukan maka Anda perlu melakukan klik kanan pada file tersebut kemudian pilih opsi edit. Anda dapat menambahkan kode php_valuememory_limit 64MB untuk menambahkan kapasitas memori dan mengatasi allowed memory. Namun para pengguna shared hosting ini tidak dapat meningkatkan batas limit memori dalam jumlah besar. Pasalnya setiap pengguna diberikan kuota atau batas memori.

Baca Juga :   Web Aplikasi Pengolahan Gaji Karyawan Sekolah Dengan Codeigniter

Sumber : medcom.id

Edit File wp-config.php

Cara lainnya yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mencoba melakukan edit file wp-config.php. Sama dengan beberapa cara lain sebelumnya, cara ini pun cukup mudah. Anda harus melakukan login ke cPanel. Kemudian Anda dapat memilih File Manager, kemudian home, pilih public_html, dan pilih file wp-config.php dan edit file tersebut dengan menambahkan sebuah kode yaitu define (‘WP_MEMORY_LIMIT’, ‘64M’); setelah langkah tersebut selesai Anda lakukan pastikan bahwa Anda telah menekan tombol save dan menyimpan hasil tata letak.

Membuat File php.ini di folder WP-admin

Cara terakhir dalam mengatasi allowed memory adalah dengan membuat file php.ini pada folder wp-admin. Tambahkan perintah memory_limit= 64M untuk menambah batas memori agar lebih tinggi.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi allowed memory. Semoga bermanfaat.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *