Simak Cara Input Database Ke Website, Mudah dan Sederhana

1 min read

Simak Cara Input Database Ke Website, Mudah dan Sederhana– Sebuah aplikasi pastinya memiliki berbagai kumpulan data di dalamnya yang di simpan pada sebuah database. Kumpulan data seperti saat Anda melakukan sebuah registrasi  pembelian belanja online di website. Data-data yang dimasukkkan atau diinput oleh pembeli tadi selanjutnya akan tersimpan di dalam database mereka.

Saat ini database yang paling banyak digunakan untuk menyimpan kumpulan data di sebuah website yaitu MySQL. Jika Anda ingin membuat sebuah website, maka diperlukan pula membuat sebuah database yang kemudian terhubung dengan website yang Anda buat. MySQL ini dapat digunakan untuk menjadi databe berisikan level user, data produk, bahkan menyimpan data para pelanggan.

MySQL ini merupakan system manajemen database RDBMS atau relasional open source dengan client server model. Tools MySQL ini merupakan tools yang cukup mudah untuk digunakan khususnya bagi para pemula. Pasalnya tools ini akan membantu Anda untuk menyimpan, memanipulasi data, serta menentukan keterkaitan antara masing-masing table. Anda juga bisa mendapatkan sebuah database tanpa perlu melakukan coding hanya dengan tools yang tinggal input saja. Terdapat cara lain untuk input database ini. Berikut ini merupakan cara input database ke website.

Baca Juga :   Bahasa Pemrograman yang Mudah Dipelajari Untuk Pemula

Akses phpMyAdmin

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke link yang biasa digunakan untuk akses phpMyAdmin. Pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah mengakses control panel dari akun hosting Anda. Dalam control panel hosting cPanel kemudian Anda dapat memlih phpMyAdmin yang berada dalam database.

Pilih Database yang Akan Diimport

Langkah selanjutnya dalam cara input database ke website yang harus Anda lakukan jika telah selesai melakukan akses phpMyAdmin, Anda perlu memilih database yang akan Anda import pada bagian kiri. Kemudian Anda klik nama database yang akan diimport oleh file backup. Pada halaman tersebut terdapat banyak menu di bagian atas. Anda dapat melakukan import dengan cara memilih menu import yang ada di bagian atas menu MySQL.

Cara Import Database MySQL

Selanjutnya Anda dapat menginput file database yang Anda miliki ke phpMyAdmin. Silahkan klik menu import kemudian pilih menu choose file atau browse. Kemudian Anda harus memilih database berupa .sql dan pilih menu open. Di samping tombol browse akan muncul nama file yang Anda pilih. Pastikan bahwa Anda telah memlih SQL pada menu drop down. Kemudian Anda dapat memilih tombol Go.

Baca Juga :   Source Code Aplikasi Pendataan Sekolah Dinas Pendidikan Berbasis Web
cara input database ke web

Sumber : sedotcode.blogspot.com

Verifikasi Proses Restore

Waktu proses import database ke website ini akan berlangsung sesuai dengan besar file database yang Anda miliki dan Anda pilih untuk di import. Tunggu hingga muncul sebuah gambar pemberitahuan bahwa proses import telah berhasil atau sukses. Jika terjadi eror, maka Anda dapat memeriksa kembali beberapa langkah atau cara input database ke website apakah sudah diikuti dengan sesuai.

Demikian Anda telah berhasil melakukan proses import pada MySQL. Cara input database ke website ini sangat mudah dan sederhana kan? Anda juga dapat mengimport database dalam berbagai bentuk baik Microsoft Excel atau sudah dala format MySQL. Jangan lupa untuk selalu melakukan backup database Anda sebaga bentuk upaya pencegahan apabila suatu saat nanti database Anda mengalami corrupt. Yuk coba terapkan cara sederhana ini untuk mengimport database ke website. Semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *