admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Aplikasi Pemanfaatan Air Tanah Berbasis GIS

1 min read

Keberadaan sumber air adalah informasi penting untuk kelangsungan hidup manusia. Gencarnya pembangunan membuat sumber air bersih menjadi sulit untuk didapatkan. Untuk itu dibuatlah aplikasi pemanfaatan air tanah berbasis GIS (Geographic Information System). Dengan penggunaan GIS maka kita dapat dengan mudah untuk menentukan komponen monitoring keberadaan air tanah secara jarak jauh.

Metode yang digunakan adalah dengan mengumpulkan data dari GIS baik berupa kondisi geografi maupun komponen kimiawi yang dikandung pada daerah tersebut. Aplikasi dirancang dengan menggunakan web server.

Pentingnya Pemanfaatan Air Tanah

Pemanfaatan air tanah perlu dikembangkan untuk membantu sumber air bersih. Meningkatnya pembangunan dapat membuat sumber air tanah menjadi berkurang, karena itu dibutuhkan teknologi yang dapat memanfaatkan air bersih.

Rancangan Perangkat Lunak Pada Aplikasi

Proses perancangan perangkat lunak pada server melibatkan tiga komponen, yaitu database, web server, dan script. Untuk merancang ketiga source code aplikasi tersebut membutuhkan komponen yang berbeda. Source code database dirancang dengan menggunakan mysql, berfungsi untuk menyimpan data yang bersifat spasial maupun non-spasial. Source code mysql dibuat dengan menggunakan aplikasi SQL Management Studio.

Baca Juga :   SPK Penentuan Dosen Pembimbing dengan Metode Fuzzy Logic | PHP & MySQL

Source code script adalah proses untuk membuat scipt rancangan website yang akan dikirimkan pada browser. Komponen script yang digunakan adalah bahasa pemrograman PHP yang dibuat dengan aplikasi Netbeans 6.5.

Source code web server yang digunakan adalah apache. Apache dipiliha karena memiliki tools yang lengkap. Untuk menggunakan apache sebagai web server terlebih dahulu install XML pada PC anda.

Fitur Pada Aplikasi Pemanfaatan Air Tanah

  1. Master Data Spasial

Data spasial adalah input data yang penting untuk jalannya aplikasi. Master data spasial dibedakan atas dua, yaitu data spasial primer dan data spasial sekunder. Data spasial primer adalah data yang diperoleh dari data survey yang dilakukan sendiri. Sedangkan data spasial sekunder meliputi data dokumentasi baik berupa gambar atupun informasi terkait air tanah. Data spasial disimpan didalam source code database secara permanen.

  • Master Data Non Spasial

Basis data non spasial menjadi informasi untuk berjalannya aplikasi. Basis data non spasial diinput kedalam source code mysql dengan menggunakan dua informasi data. Pertama data yang bersifat primer, meliputi data hasil survey. Kemudian data sekunder yang meliputi data dari arsip atau dokumentasi.

  • Informasi Analisis
Baca Juga :   Apa Itu Bahasa Pemrograman Komputer?

Fitur yang memberikan informasi terkait dengan kondisi yang diperoleh. Informasi tersebut akan diolah menjadi grafik yang memberikan informasi terkait dengan kedalaman air tanah, penurunan air tanah, dan kemungkinan perencanaan pengeboran air tanah yang tepat.

Spesfikasi

Berikut ini adalah spesifikasi aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi pemanfaatan air tanah berbasis GIS

  1. Internet Browser
  2. Java Applett
  3. Java Runtime Environment

Terima jasa pembuatan website dan aplikasi dengan harga terjangkau wa ke kami 082300007704 ( menerima jasa pembuatan skripsi juga )

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *