admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Aplikasi IoT Smart Meter Dengan Monitoring Website

1 min read

Aplikasi IoT smart meter dengan monitoring website saat ini gencar dikembangkan untuk membantu proses digitalisasi pada semua aspek. Jika Anda tertarik untuk mengembangkan ha; serupa, tidak ada salahnya untuk mendalami aplikasi satu ini. Aplikasi ini dibantu dengan platform open source dari thinger.io sehingga tidak perlu membuat rancangan website sendiri. Anda cukup menggunakan library yang sudah tersedia pada platform tersebut. Berikut uraian untuk aplikasi smart meter.

Kelebihan Aplikasi Smart Meter

Sistem monitoring dengan web tidak hanya membantu untuk mengetahui kualitas dan kuantitas dari pembangkit listrik. Tapi juga membantu peneliti yang membutuhkan data tegangan dari masing-masing pembangkit listrik untuk kebutuhan ilmiah.

Cara Kerja Sistem Website Smart Meter

Layaknya sistem IoT pada umumnya yang membutuhkan mikrokontroller, modul wifi, dan juga PC untuk kebutuhan koding. Anda dapat menggunakan mikrokontroller arduino untuk proses pengolahan baris kode. Modul wifi yang umum digunakan adalah ESP8266 dan juga PC yang dilengkapi dengan software arduino IDE dan juga software database untuk mendukung penyimpanan data. Source code arduino dan ESP8266 dapat diambil dari library arduino, jika belum ada maka unduh terlebih dahulu.

Baca Juga :   Aplikasi SPK Metode Profile Matching

Rangkaian dan konfigurasi pin arduino dengan ESP8266 dapat dilihat pada datasheet yang banyak dibagikan dihalaman internet. Kemudian diintegrasikan dengan sensor yang dapat mendeteksi arus. Sedangkan untuk website anda dapat memilih untuk menggunakan website dengan alamat URL sendiri ataupun menggunakan platform thinger.io yang bersifat open source. Platform tersebut banyak digunakan untuk kebutuhan IoT. Source code aplikasi smart meter yang terkoneksi dengan thinger.io mirip dengan pemrograman dengan PHP.

Fitur Pada Website Smart Meter

  • Login
  • Grafik
  • Tabel
  • Fitur GUI

Masing-masing fitur memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda, berikut adalah uraian untuk masing-masing fitur pada website smart meter

  1. Login

Login adalah fitur gate untuk memberikan izin hanya kepada users yang telah mendaftar pada users. Fitur login digunakan untuk mengetahui data untuk pengunjung website.

  • Grafik

Fitur yang digunakan untuk memberikan tampilan visual pada website, hal ini terkoneksi dengan GUI yang memberikan hasil grafik yang bersih. Grafik didapatkan dari data yang kemudian diolah oleh sistem database dari thinger.io.

  • Tabel
Baca Juga :   Source Code Website Desa Full Responsive

Sama halnya dengan grafik, fitur ini digunakan untuk memberikan hasil data dalam bentuk tabel. Data pada tabel dapat dikonvert pada file excel untuk membantu users melakukan pengolahan data.

  • Fitur GUI

Fitur Graphical User Interface (GUI) merupakan teknik antar muka pada perangkat yang memanfaatkan teknologi grafis. Pada website ini pengguna akan disajikan tampilan grafis yang bersih berupa grafik hasil pengambilan data tegangan listrik dari salah satu pembangkit listrik.

Spesifikasi

Aplikasi IoT smart meter dengan monitoring website dirancang dengan menggunakan platform open source thinger.io dan arduino IDE.

Terima jasa pembuatan website dan aplikasi dengan harga terjangkau wa ke kami 082300007704 ( menerima jasa pembuatan skripsi juga )

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *