admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Aplikasi Desktop Untuk Penerimaan Karyawan Baru

1 min read

Kurang efektifnya penerimaan karyawan baru dalam segi waktu dan transparansi seringkali terjadinya pada saat proses perekrutan karyawan. Hal tersebut mendorong munculnya ide untuk mengembangkan aplikasi desktop untuk penerimaan karyawan baru agar lebih efektif.

Dengan adanya aplikasi desktop maka dapat membant pekerjaan karyawan perusahaan dalam menyeleksi calon pekerja yang melamat pada suatu perusahaan. Aplikasi dibuat dengan menggunakan desktop karena kebutuhan data bersifat rahasia dan hanya dapat diakses oleh karyawan perusahaan.

Sedangkan untuk orang yang ingin melamar dapat mengirimkan file secara online. Dengan menggunakan web client maka data dari orang yang melamar akan otomatis masuk kedalam apliasi desktop tersebut.

Analisis Proses Seleksi Pada Aplikasi Desktop

Proses seleksi dilakukan dengan cara yang lebih sistematis dan terstuktur. Pertama adalah seleksi kelengkapan berkas, dimana sistem akan otomatis memilih data orang dengan berkas yang lengkap dan tidak. Setelahnya barulah dilakukan pemeriksaan secara manual oleh pihak perusahaan. Ini membantu untuk menjaga efektifitas waktu.

Rancangan Source Code Aplikasi Desktop

Source code aplikasi melibatkan bahasa pemrograman java yang didukung dengan software dari visual studio. Dengan menggunakan fitur Windows Form App pada visual studio maka Anda juga dapat mengembangkan aplikasi serupa. Source code java yang digunakan dapat dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman c# yang didukung oleh IDE Visual Studio.

Pada proses pengelolaan dan penyimpanan data digunakan database mysql agar data yang terkoneksi dari halaman web rekrutment dapat masuk pada aplikasi desktop. Dalam hal ini dibutuhkan dua interface yang menggunakan database yang sama yaitu source code msyql.

Fitur Pada Aplikasi Desktop

Aplikasi memiliki beberapa fitur yang sederhana dan mudah untuk dioperasikan oleh pengguna. Berikut adalah fitur yang mungkin digunakan.

  1. Halaman Awal

Fitur yang digunakan sebagai tanda bahwa aplikasi sedang diproses atau loading, tampilan halaman awal hanya memakan sedikit waktu. Jika proses loading selesai maka halaman dashboard akan muncul.

  • Dashboard

Tampilan dari berbagai menu dengan fungsi tertentu, misalnya menu seleksi berkas, menu data rekrutment, dan menu lain yang hanya dapat diakses oleh admin perusahaan yang mengelola aplikasi tersebut.

  • Fitur Seleksi

Fitur untuk memerintahkan sistem menyeleksi berkas karyawan secara otomatis oleh sistem. Parameter seleksi diinput oleh admin sesuai dengan kriteria dari perusahaan.

  • Pengambilan Data

Fitur yang memungkinkan admin dari perusahaan untuk mengambil data rekrutmen karyawan. Data rekrutmen karyawan yang masuk kedalam aplikasi desktop akan otomatis tersimpan didalam database aplikasi. Penggunaan database mysql dipilih karena memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi sehingga data karyawan tidak dapat diakses selain oleh admin perusahaan.

Spesifikasi

Aplikasi desktop untuk penerimaan karyawan baru didukung dengan PC berspesifikasi berikut.

  1. RAM 4 GB
  2. Intel Core i3

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange