admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Aplikasi Denah Berbasis Augmented Reality

1 min read

Penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) belakangan mulai banyak diminati. Teknologi ini bekerja dengan cara menggabungkan dunia virtual dan dunia nyata menjadi bentuk 3 dimensi. Penggunaan AR saat ini tidak hanya terbatas pada aplikasi games, ada banyak jenis AR yang dapat dikembangkan.

Salah satu inovasi AR yang saat ini dikembangkan adalah aplikasi denah berbasis augmented reality. Aplikasi ini sudah dikembangkan salah satunya adalah ada google maps, dimana memungkinkan pengguna untuk melihat lokasi secara 3 dimensi dalam dunia virtual.

Aplikas dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman C++ pada IDE ArToolKit. AR memang belum begitu banyak dipahami oleh developer, bahkan software yang digunakan juga berbeda dari software pemrograman biasanya.

Cara Kerja Aplikasi Denah Berbasis Augmented Reality

Cara kerja dari sistem adalah menggunakan metode Marker Based Tracking dimana aplikasi dikembangkan dengan mengidentifikasi sumbu xyz. Aplikasi yang dikembangkan membutuhkan data dari sensor gyroscope untuk mendapatkan data lokasi. Sedangkan penggambaran 3D dilakukan dengan menggunakan software blender.

Sistem Perancangan Aplikasi AR

Dalam pembuatan aplikasi membutuhkan beberapa aplikasi yang penting, yaitu aplikasi blender, ArToolKit, unity 3D, dan markerless augmented reality. Masing-masing aplikasi memiliki fungsi yang berbeda dan penting untuk jalannya aplikasi.

Pertama aplikasi markeless augmented reality yang digunakan untuk membuat marker based tracking agar dapat mendeteksi objek yang akan divirtualisasi menjadi bentuk 3D. Kedua yaitu software unity 3D yang digunakan sebagai game engine untuk melakukan virtualisasi pada bangunan atau rumah.

Ketiga adalah aplikasi blender yang berguna untuk membuat desain tampilan 3D yang akan muncul pada saat sistem mendeteksi object tersebut. Tampilan akan muncul pada aplikasi yang dirancang untuk mengenali augmented reality.

Keempat adalah ArToolKit yang berfungsi sebagai text editor yang dirancang dengan menggunakan source code c++. Aplikasi ini berguna untuk membuat overlay pada dunia nyata.

Fitur Pada Aplikasi Denah

Aplikasi ini dirancang dengan fitur yang sederhana dan mudah untuk digunakan. Berikut adalah fungsi dan kegunaan dari masing-masing fitur.

  1. Tampilan Denah

Fitur yang menampilkan tampilan 2D untuk mengetahui denah lokasi. Tampilan denah muncul ketika aplikasi selesai menjalani proses loading.

  • Tampilan Splashcreen

Tampilan yang muncul ketika pengguna sudah memutuskan denah yang akan dideteksi. Aplikasi akan memunculkan halaman dengan menu dashboard yang lengkap, salah satunya adalah virtualize untuk menampilkan tampilan 3D dari lokasi tersebut.

  • Tampilan 3D AR

Fitur yang menampilkan gambar 3D dari object yang terdeteksi, tampilan akan muncul setelah system selesai menjalani proses import package dari denah yang terdeteksi menjadi tampilan 3D.

Spesifikasi

Aplikasi denah berbasis augmented reality dikembangkan dengan pc yang mendukung RAM 8GB. Processor intel core i7 dan juga memiliki tampilan HD 720.

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange