admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Aplikasi Buku Alamat Sederhana Berbasis Web

1 min read

Belajar koding dapat dimulai dengan membuat rancangan website sederhana, seperti membuat aplikasi buku alamat sederhana berbasis web. Aplikasi buku alamat dapat menjadi aplikasi pembelajaran yang efektif. Terutama untuk Anda yang tertarik untuk belajar seputar Java, karena aplikasi ini semuanya dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman java.

Untuk mendukung manage project pada java digunakan aplikasi maven untuk kemudahan mempermudah proses build pada suatua aplikasi. Maven memberikan kemudahan untuk develpor jika ingin import file pada aplikasi lain. Berikut uraian tentang aplikasi buku alamat sederhana.

Kelebihan Website Buku Alamat

BUku alamat sederhan berbasis web mempunyai kelebihan dalam hal kemudahan akses dan penyimpanan. Fungsinya sama seperti note pada smartphone, namun nte dapat terhapus atau hilang jika smartphone terformat. Berbeda jika kita membuatnya dengan menggunakan alamat url website, dimana memungkin untuk diakses dimana saja dan kapan saja.

Cara Kerja Website Buku Alamat

Website 100% dirancang dengan menggunakan source code java. Anda dapat memilih jenis software java yang dirasa lebih mudah untuk digunakan. Disini software yang digunakan adalah Java SDK Versi 6 yang didukung dengan Maven Versi 2.

Nah, mungkin teman-teman tidak begitu sering menggunakan bahkan mendengar Maven. Maven sendiri juga merupakan aplikasi untuk memrogram pada java. Alasan menggunakan Maven sebagai tools adalah karena Maven dapat membuat file dalam format jar sehingga lebih mudah dalam share file.

Anda yang terbiasa menggunakan netbeans, intellaj atau yang lainnya mungkin pernah mengalami kesulitan untuk import file yang dibuat dengan software berbeda. Disini Maven dapat mempermudah import file tanpa harus melalui proses yang panjang.

Fitur Pada Website Buku Alamat

  • Login
  • Add
  • Telusuri

Fitur diatas dapat menjadi referensi untuk rancangan website yang akan dibuat, Anda dapat mengubah atau menggantinya dengan yang lain jika dirasa perlu. Berikut penjelasan untuk masing-masing fitur.

  1. Login

Fitur yang dilengkapi dengan tampilan untuk memasukan identitas akun. Sebelumnya pengguna akan diminta untuk mendaftar sebelum mendapatkan akun untuk login. Dengan akun tersebut anda akan dibawa masuk pada halaman dari buku alamat milik anda.

  • Add

Fitur yang digunakan untuk menambah alamat ada akun anda. Daftar alamat tersebut akan otomatis tersimpan pada database. Fitur ini didukung dengan tools pada source code java dan mysql.

  • Telusuri

Ftur untuk menelusuri alamat yang tersimpan didalam akun dengan melakukan interface menggunakan google maps. Anda dapat dengan mudah mengetahui lokasi dari alamat tersebut dengan menggunakan website ini karena otomatis terkoneksi dengan goole maps.

Spesifikasi

Bagi teman-teman yang ingin belajar membuat aplikasi buku alamat sederhana berbasis web maka butuh untuk menginstall beberapa software yaitu Java SDK Versi 6 dan Maven versi 2.

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange